Welcome!

This is the official blog of Winna Efendi, author of several bestselling Indonesian novels.

Senin, 14 Januari 2008

Unjuk Gigi dan Kenangan

Rasanya sekitar enam bulan yang lalu saya menemukan sebuah website tulis-menulis melalui sebuah milis, lantas menjadi member tetap di sana. Saya bertemu dengan belasan penulis lain yang sangat, sangat berkaliber - membuat saya kagum, membuat saya makin hobi menulis, dan juga belajar bagaimana menilai karya orang lain. Tidak secara judgmental, tapi dengan menilai struktur, bahasa, gaya, ide dan cara penulisan masing-masing individu.

Beberapa saat yang lalu nama-nama seperti splinters, v1valdi, fortherose, w1tch, neko, brown, bluer, noir dan masih banyak lagi, termasuk salah satunya juga miss worm, kerap lalu lalang di lalu lintas kemudian.com. Cerita-cerita mereka sangat meng-inspirasi saya yang hanya seorang pemula. Review mereka 'memperbaiki' kemalasan saya menulis dan menyelami tulisan saya. K.com bahkan membuat saya menulis setiap hari, hingga akhirnya berhasil menyelesaikan beberapa novel dan cerpen yang jauh lebih baik dari karya saya dulunya.

Jadi, dengan adanya acara unjuk gigi yang dipelopori miss worm hari ini, saya jadi teringat kembali. Sayang baru beberapa orang yang berpartisipasi sampai jam makan siang ini.

Menulislah terus. Karena tanpa menulis, saya rasa saya bisa gila.

Tidak ada komentar: