Welcome!

This is the official blog of Winna Efendi, author of several bestselling Indonesian novels.

Sabtu, 14 Desember 2013

Menulis di akhir 2013

Akhir-akhir ini, saya lama mengabaikan blog. Jujur, bukan hanya blog, banyak hal dalam kehidupan saya pun masuk dalam tombol pause karena kesibukan dalam pekerjaan full time saya, juga beberapa urusan pribadi. Untuk persiapan serta aspek-aspek lain yang membutuhkan perhatian ekstra, maka banyak dari proyek penulisan saya yang terhenti sementara. Mudah-mudahan, di tahun 2014 saya akan punya banyak waktu luang untuk menulis.

Sejak tahun 2012, banyak naskah yang ingin saya garap. Ide-ide bermain di kepala, namun tidak seluruhnya bisa saya selesaikan, terutama karena kendala waktu. Melbourne: Rewind adalah naskah terakhir yang saya garap sungguh-sungguh. Ingin sekali rasanya melanjutkan menulis dengan bebas, tanpa kendala, tanpa deadline, dengan serius.

Saat ini, ada satu proyek dari Gagas Media yang sudah selesai dikerjakan, yaitu bagian dari SCHOOL. Genrenya remaja, dan saya menulis dengan setting asing, serta mengundang kembali cameo berupa dua karakter utama dari novel terdahulu saya. Naskah ini kemungkinan akan terbit tahun depan, menunggu launching SCHOOL.

Di luar itu, novel Ai akan relaunch dalam versi repackage - isinya sama, hanya ada pergantian kover dengan warna fuchsia yang mencolok. Rasanya senang dapat mengunjungi kembali tahun 2009 bersama Sei, Shin dan Ai.

Film Remember When juga sedang dalam tahap pre-produksi. Jika lancar, Rapi Film akan mulai produksi tahun depan. Selain Remember When, ada salah satu naskah novel saya yang dijadikan basis untuk film. Begitu sudah ada kepastian, akan saya share info lebih lanjut :-)

Sekarang saya sedang mengerjakan satu naskah baru. Sebenarnya sudah lama ingin saya mulai, dan saat menulis untuk SCHOOL, justru proyek inilah yang menggelitik saya dan sempat membuat tergoda untuk banting setir, tapi tidak saya lakukan karena naskah untuk SCHOOL sudah mendekati deadline-nya. Kini, di kuartal terakhir 2013, akhirnya saya berkesempatan memulainya. Genrenya remaja, dengan setting Jakarta. Saya ingin menulis tentang keseharian remaja seperti dulu, apa adanya.

Bagian tersulit dari naskah ini adalah risetnya, dan waktu menulis. Temanya yang membutuhkan riset menyeluruh cukup menjadi tantangan tersendiri, dan hingga kini pun saya masih terus meriset sembari menulis. Sekali, saya menulis ulang dan merombak tatanan cerita karena pernah mencoba membuat drafnya tanpa riset yang benar. Sempat juga fokus terbagi untuk hal lain, atau merasa malas melanjutkan naskah. Tapi, saya bertekad untuk menyelesaikannya dengan sungguh-sungguh di tahun 2014.

Buat saya, riset adalah hal terpenting dalam menulis, juga yang tersulit. Memiliki narasumber lebih sulit lagi, kali ini sudah dua kali usaha untuk mencari narasumber berbalik. Namun demikian, saya belum ingin menyerah.

Sekarang, waktunya kembali melanjutkan naskah tersebut. Mudah-mudahan progress berjalan lancar, dan di suatu waktu, saya bisa berbagi excerpt salah satu babnya dengan teman-teman semua.

Happy weekend, semuanya!

4 komentar:

Intan Novriza Kamala Sari mengatakan...

Good luck, kak :)
*nunggu novel barunya ^^

Winna Efendi mengatakan...

Terima kasih Intan :)

ELMO mengatakan...

Saya lbh suka novel seperti remember when dan truth or dare kak:) sangat bahagia saat tahu remember when akan difilmkan thats my favourite story^^

good luck kak dan sukses selalu:D

ephy scarf mengatakan...

kangen bacaan dari Winna...

selamat menulis kembali.