Welcome!

This is the official blog of Winna Efendi, author of several bestselling Indonesian novels.

Kamis, 24 Juli 2014

Tentang Tomodachi


Halo semua, lama tak meng-update blog dengan posting seputar tulis-menulis, maka saya akan cerita sedikit tentang beberapa proyek yang tengah berlangsung maupun yang baru terbit.

Pertama, tentang Tomodachi.

Terima kasih banyak bagi teman-teman sekalian yang sudah membeli novel terbaru saya yang sudah terbit di Gramedia tersebut :-) juga yang sudah ikut PO buku bertanda tangan di toko buku online. Semoga kalian menyukai cerita sederhana tersebut.

Jujur, setelah selesai menulis naskahnya, saya sempat merasa Tomodachi adalah naskah terlemah yang pernah saya tulis, sehingga hampir saja berniat menariknya dan menggantinya dengan naskah lain. Beberapa alasannya sebenarnya cukup sederhana, seperti keterbatasan waktu untuk mengembangkannya karena saat itu sedang mengejar deadline yang sudah saya janjikan kepada penerbit, plot daur ulang yang menyinggung sahabat dan cinta pertama, juga kesederhanaan keseluruhan cerita dan penggunaan settingnya yang sudah pernah digunakan dalam novel sebelumnya.

Namun, ada suatu perasaan yang berbeda saat kembali membacanya sebelum terbit, waktu itu untuk kebutuhan proofreading. Rasanya, naskah yang saya anggap lemah itu justru memiliki kesederhanaan tersendiri yang membuat hati terasa hangat. Setidaknya, itulah yang saya rasakan. Terlepas dari apa pendapat pembaca nantinya, yang dapat saya lakukan hanyalah berharap cerita kecil ini juga dapat menghangatkan hati mereka.

Lalu, selepas terbit ada beberapa resensi dan komentar yang masuk dari media sosial, juga Goodreads. Saya sangat terharu ketika melihat bahwa cerita Tomomi, Tomoki, dan kawan-kawannya dapat menyenangkan pembaca. Bahkan ada seorang pembaca yang mengaku terinspirasi oleh cerita di Tomodachi, membuatnya ingin melanjutkan kuliah dan mengejar mimpi. Sungguh, itu sesuatu yang sangat 'sesuatu' buat saya.

Beberapa pembaca juga menyebutkan manga - bahwa membaca Tomodachi terasa seperti membaca manga atau komik Jepang dalam kata-kata. Saya pun amat tersanjung, apalagi ketika ada yang memunculkan judul Kimi ni Todoke dan Friends sebagai contoh manga yang menurut mereka mirip auranya dengan Tomodachi.

Saat menulis naskahnya, manga-manga tersebutlah yang menjadi inspirasi terbesar. Saat membaca karya Karuho Shina, Hiromi Mashiba, Yuu Ito, seringkali saya terharu dan kagum pada kemampuan mangaka hebat tersebut dalam menciptakan kisah yang tampak ringan, tetapi sebenarnya kompleks emosi. Karakter-karakternya hidup, dan saling melengkapi. Itulah esensi yang saya tangkap dan ingin saya potret lewat Tomodachi. Jadi, mengetahui bahwa pembaca merasakannya merupakan salah satu komentar terbaik yang pernah saya harapkan.

Mungkin banyak yang tidak menyukai fakta bahwa lagi-lagi saya menulis seputar friend-zone. Dalam cerita ini, saya meminta para pembaca untuk memakluminya sekali lagi :-) karena begitu banyak cerita tentang Tomomi dan Tomoki yang ingin saya sampaikan.

Dan saya berjanji, untuk dua naskah novel selanjutnya, yang akan saya update beritanya di blog ini, tidak memuat seputar friend-zone dan cinta segitiga. Setidaknya, kedua karakter utamanya bukanlah sahabat sejak kecil yang lalu jatuh cinta kepada satu sama lain. Sebaliknya, mereka adalah dua orang yang jauh berbeda, bertemu karena sebuah kesempatan, dan kemudian tertarik kepada satu sama lain karena berbagai hal yang ada dalam hidup mereka.

That's my little promise to my beloved readers.

8 komentar:

Syarifanura mengatakan...

kok novel Tomodachi belum ada di gramed wilayah jogja? padahal udah penasaran banget :|

wulan sari mengatakan...

Mungkin maksudnya sudah terbit di Gagasmedia bukan Gramedia :)
Btw, saya sudah ikut PO Tomodachi ber TTD ^^ Tapi, belum sempat baca *masihngantridilistbaca xoxoxo ^^ Ditunggu karya selanjutnya kak! Saya harap segera bikin cerita sekeren Unforgettable dan Rewind :') I love it :)

Winna Efendi mengatakan...

@Syarifanura: bisa dicek ke toko buku terdekat ya, setahuku sudah masuk.

@wulan: sudah beredar di Gramedia maksudnya. Terima kasih sudah beli Tomodachi :)

winadsyn mengatakan...

ka winna, masih bisa order tomodachi ber ttd gak? kalo bisa pesen lewat apa ka? hehe makasih ka :)

Winna Efendi mengatakan...

Bisa lewat bukabuku.com atau @bukubukularis :)

Angel mengatakan...

Novel Tomodachi ini sangat bagus dan menginspirasi. Persahabatan antara Tomoki dan Tomomi juga sangat menggambarkan masa-masa sekolah. Nuansa Jepang juga sangat terasa dan dideskripsikan dengan baik. :)

Winna Efendi mengatakan...

@Angel: syukurlah, terima kasih :)

Watanabe Ryu mengatakan...

Kak winna novelnya kereen aku udah baca serasa berada di suasana jepang kak aku kira ini ada animenya hehee keren kak suggoii>_<