Welcome!

This is the official blog of Winna Efendi, author of several bestselling Indonesian novels.

Minggu, 25 Juli 2010

Day 02: favorite movie(s)

Berhubung saya cukup cinta nonton film, saya agak kebingungan memilih film mana saja yang pernah saya tonton dan saya suka setengah mati. Tapi rasanya, saya akan menulis tentang film-film yang sudah saya nonton beberapa kali dan sama-sekali nggak pernah bosan, dan sampai sekarang masih membekas di ingatan.

1. A Little Romance (1979) - Laurence Olivier, Diane Lane, Thelonius Bernard

Film jadul yang saya tonton di tahun 90an, di sebuah stasiun TV lokal. Masih teringat sampai belasan tahun kemudian, betapa saya suka adegan terakhirnya di mana Diane Lane dan Thelonius Bernard yang masih berumur dua belasan, berciuman di bawah Bridge of Sighs di Venice. Akhirnya saya menemukan DVDnya di Amazon dan sampai sekarang merupakan koleksi favorit saya.

Ceritanya mengenai seorang remaja Amerika (Diane Lane) yang tinggal di Perancis mengikuti ayah angkatnya, lalu bertemu dengan pemuda Perancis penyuka blockbuster (Thelonius Bernard). Karena karakter Diane Lane akan pindah ke Amerika, mereka berdua memutuskan untuk melarikan diri ke Venice. Menurut legenda yang diceritakan oleh seorang pria paruh baya (Laurence Olivier), sepasang kekasih akan mendapatkan cinta abadi saat berciuman di bawah Bridge of Sighs.

Kedua karakternya begitu hidup, dan cerdas. Mereka sama-sama berpikir, bagaimana di antara sekian banyak orang, mereka bisa menemukan the one? Bagaimana mereka yang tidak fit in dengan teman-teman sebaya mereka yang kekanakan, bisa menemukan seseorang yang benar-benar cocok?

Memorable quote: BINGO!

2. Titanic (1997)- Leonardo di Caprio, Kate Winslet

Masih ingat saya nonton film ini sekeluarga saat baru pindah rumah, dan setelahnya saya berbaring di atas kasur dan tumpukan koran, memikirkan betapa tragisnya kisah tersebut.

Romance yang dipadukan dengan tragedi epik semacam ini berhasil. Karakternya juga bukan hanya tipikal Romeo Juliet biasa. Setiap adegannya bermakna. Dan Leonardo di Caprio di sini ganteng sekali :)

Memorable quote: You jump, I jump.

3. A Moment to Remember - Son Ye Jin


Pertama kalinya sungguh-sungguh menyukai film Korea dan Son Ye Jin selalu menjadi aktris favorit saya. Ceritanya tidak terlampau dramatis, justru menurut saya sedikit whimsical dan sinematografinya indah sekali. Semakin ke belakang, karakter-karakternya semakin tergali, menunjukkan ketakutan terbesar mereka, apa yang menyakiti mereka, dan bagaimana mereka bereaksi saat panik dan ketakutan.

Endingnya juga dibuat menggantung - happy ending kah, walau kita semua tahu sebenarnya akhirnya akan tragis?

4. When Harry Met Sally (1989) - Meg Ryan, Billy Crystal



Lucu! Komedi romantis yang satu ini belum ada yang bisa mengalahkan, kalau menurut saya. Dialog demi dialog sangat manusiawi dan cerdas, karakter keduanya sangat natural dan chemistry-nya juga dapet (walau saya lebih suka Meg dengan Tom Hanks di You've Got Mail dan Sleepless in Seattle). Rasanya kita bisa mengerti ketakutan dasar dan perasaan keduanya, bagaimana rasanya mencari soulmate, kehilangan mereka, jatuh cinta lagi, suka tapi benci, man-woman friendship..

I have a good time watching this one, really.

Memorable quote: I came here tonight because when you realize you want to spend the rest of your life with somebody, you want the rest of your life to start as soon as possible.

Film-film lain yang saya suka, berdasarkan genre:

romance: Closer, If Only, Wicker Park, the Painted Veil, Forget Paris, Sleepless in Seattle
drama: the Reader, Juno
action: Minority Report, Eagle Eye, the Transformers (yang pertama, bukan yang kedua), Inception
foreign: (chinese) Painted Skin, A Time to Love, So Close, (japanese/chinese) Longest Night in Shanghai, About Love, (french) Love Me if You Dare
comedy: the Hangover

1 komentar:

♪♫♪♫ Grace ♪♫♪♫ mengatakan...

jenggg....
a moment to remember berhasil mbuat gw mewek2.... ketawa kesel, tp air mata ngucur dengan deras.... ini film koq sedih amirrrrrr
hehehehehe
setujuuuu bgtttttt
lam kenal yaaaa